Pendapat Dewan dan Bupati Sragen Terkait Krisis Air Bersih


JournalPolice.com,Sragen  Pimpinan DPRD Sragen mendesak Pemkab untuk segera membangun jaringan PDAM untuk tiga kecamatan, Jenar, Tangen dan Miri yang hingga kini selalu menjadi langganan krisis air bersih
setiap musim kemarau. “Agar saudara-saudara kita di utara bengawan ini tidak menderita seperti ini terus, setiap tahun sepanjang sejarah
,” kata Wakil Ketua DPRD Sragen, Bambang Widjo Purwanto, Senin (25/9).
Di sela-sela dropping air bersih dari Paguyuban RT/RW Desa Gondang, Kecamatan Gondang di Desa Dawung, Jenar, dia menyatakan, krisis air bersih di utara Bengawan Solo sudah pada tingkat yang sangat memprihatinkan. Perlu ada solusi untuk mengatasi krisis bersih tersebut, sehingga warga di tiga kecamatan tersebut tidak selalu mengharapkan bantuan.  “Di sini memang nggak ada sumber air kalau dipasang PDAM, sudah dibor di bawah tanah sampai 80 meter. Walau sampai bawah laut juga nggak akan keluar airnya. Solusi jalannya harus dari sana (selatan bengawan-Red),” terang Bambang Widjo.
Sementara Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, sebelumnya telah berencana bakal membangun jaringan air bersih di Kecamatan Jenar, Tangen dan Miri. Anggaran yang diperlukan untuk membangun itu lumayan besar, sekitar Rp 41,5 Miliar.
Untuk Kecamatan Jenar, rencananya akan dibuat sumur air dalam untuk 1.500 sambungan rumah di Desa Dawung, Mlale dan Japoh. Sementara di Kecamatan Tangen, Desa Katelan dan Dukuh akan terlayani 2.000 sambungan rumah. Kecamatan Miri, akan dibuat sumbar air dalam dan pemanfaatan air permukaan Waduk Kedung Ombo (WKO), yang mampu melayani 2.200 sambungan di Desa Doyong, Soko dan Girimargo.  “Tiga kecamatan tersebut mengalami kekeringan paling parah. Tiga kecamatan itu juga tidak ada sumber air baku atau air permukaan,” tandasnya.
Yuni berharap program ini akan didukung oleh DPRD, sehingga pengajuan anggaran di RAPBD bisa disetujui. Program ini adalah solusi konkrit mengatasi kekeringan yang terjadi hampir setiap tahun di Sragen. “Mudah-mudahan teman-teman dewan bisa mendukung program ini. Selama untuk mengatasi kekeringan, saya yakin dewan akan setuju,” jelasnya. ( Team JP )

Website Resmi Journal Police